TBM PANGUNG INSPIRASI BALARAJA
LAPORAN OBSERVASI
Efektivitas
Penggunaan Media Pembelajaran di TBM Panggung Inspirasi
Dibuat untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata
kuliah Pengembangan Media PLS
Dosen Pengampu: Ahmad Fauzi, M.Pd
Disusun oleh:
Kelompok wilayah Tangerang:
Ika
Rahmawati (2221160002) Nuratikah (2221160032)
Nelvia
Septia Roza (2221160003) Vivi Maulidia Sofiana (2221160033)
Zaky
Aulia Amini (2221160005) Ayuni Shirotul J. P. Putri (2221160038)
Revi
Krisnawati (2221160007) Widya Fibrianti (2221160048)
Rinda
Matilda (2221160013) Sely Vizriani (2221160055)
KELAS IV - A
JURUSAN
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SULTAN AGENG TIRTAYASA
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat, taufik dan karunia-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar.
Laporan ini berjudul Efektivitas
Penggunaan Media di TBM Panggung Inspirasi. Laporan ini disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media PLS. Laporan ini dapat
diselesaikan dengan baik karena dukungan dan pertisipasi dari berbagai pihak.
Oleh karena itu penyusun mengucapkan terimakasih kepada :
1. Allah
SWT
2. Kedua
orang tua yang telah memberi dukungan baik secara moril maupun materil.
3.
Pak Ahmad Fauzi M,Pd selaku Dosen Pengampu
mata Kuliah Pengembangan Media PLS
4.
Meli Amalia selaku narasumber dari TBM
Panggung Inspirasi
5. Semua
pihak yang membantu dalam penyusunan laporan ini
Kami
menyadari dalam penyusunan Laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena
itu kritik dan saran yang konstruktif sangat penyusun harapkan. Sehingga dapat
memberikan manfaat khususnya bagi kami sebagai penyusun dan umumnya bagi
seluruh pembaca.
Serang, 24 April 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ........................................................................................................................i
DAFTAR ISI ....................................................................................................................................ii
BAB
I
A.
Pengertian TBM ......................................................................................................................1
B. Tujuan,Manfaat,Fungsi TBM ..................................................................................................1
BAB II
A. Penggunaan
Media di TBM Panggung Inspirasi ............................................................................. 5
B. Peran
Media di TBM Panggung Inspirasi .......................................................................................
5
C. Efektifitas
Pengembangan Media di TBM Panggung Inspirasi ......................................................
6
BAB III
a.
Saran ............................................................................................................................................
7
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian TBM
TBM Menurut Sutarno NS
(2008:129) Taman Baca Masyarakat adalah tempat yang sengaja dibuat pemerintah,
perorangan atau swakelola dan swadaya masyarakat untuk menyediakan bahan bacaan
dan menumbugkan minat baca kepada masyarakat yang berada disekitar TBM. TBM
merupakan suatu tempat yang sengaja dibuat dan dikelola oleh masyarakat,
perorangan, lembaga dan pemerintah untuk menumbuhkan minat baca kepada
masyarakat yang ada dilingkungan taman baca tersebut, menurut sinaga, dian
(sinaga, dian:2005) perbandingan taman
baca masyarakat dengan perpustakaan ditinjau dari sifatnya lebih informal dan
cakupan tidak terlalu luar ketimbang perpustakaan sedangkan pepustakaan
sifatnya lebih formal dan cakupannya lebih luas.
B. Fungsi, Tujuan dan Manfaat Taman
Bacaan Masyarakat
Dalam memenuhi
peranannya sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi pembelajaran seumur
hidup, TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan mencari informasi yang
dibutuhkan masyarakat, baik mengenai masalah yang langsung berhubungan dengan
masalah pendidikan maupun tidak berhubungan dengan pendidikan.
Menurut Buku pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat
dalam artikel (Possa: 12), fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah :
1. sarana
pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang
kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah.
2. sumber
informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan
kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.
3. sumber penelitian dengan menyedikan buku-buku
dan bahan bacaan Iainnya dalam studi kepustakaan.
4. sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan
bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memamfaatkan waktu senggang untuk
memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.
Menurut
Buku pedoman Pengelolaan Taman bacaan Masyarakat (2006: 2), fungsi taman bacaan
masyarakat adalah :
1.
Sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk
belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar
Sekolah, khususnya program keaksaraan.
2.
Sumber informasi yang bersumber dari buku
dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan
masyarakat setempat.
3.
Sumber penelitian dengan menyedikan
buku-buku dan bahan bacaan Iainnya dalam studi kepustakaan.
4.
Sumber rujukan yang menyediakan bahan
referensi bagi pembelajaran dan kegiatan akademik Iainnya.
5.
Sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan
bahan-bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memamfaatkan waktu senggang
untuk memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.
Dari
uraian diatas TBM menjalankan beberapa fungsi. Fungsi tersebut terdiri dari
fungsi pembelajaran, hiburan dan informasi. TBM melaksanakan kegiatan
pelayanannya bervariasi. Ada banyak nama yang digunakan TBM, misalnya Rumah
baca, pondok baca, perahu baca, Warung baca, namun pada hakikatnya kesemua
lembaga atau organisasi tersebut , melakukan fungsi yang sama dengan TBM.
Taman
bacaan masyarakat tergolong dalam kategori perpustakaan umum, jadi Tujuan
perpustakaan umum menurut Sulistyo-Basuki dalam buku (2006: 22) adalah
1.
Sebagai sarana pembelajaran masyarakat
2.
Sarana hiburan (rekreasi) dan pemanfaatan
waktu secara efektif dengan memanfaatkan bahan–bahan bacaan dan merupakan
sumber informasi lain sehingga warga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan
dan informasi baru guna meningkatkan kehidupan mereka
3.
Sarana informasi berupa buku, multi media
lain, atau bacaan lain yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan
masyarakat setempat.
TBM Panggung Inspirasi
terletak di JL. Raya Serang Km. 29,5 Kp. Cangkudu RT. 04/03 Ds. Cangkudu Kec.
Balaraja Kab. Tangerang Prov. Banten
berdiri tahun 2017 nama ketua di TBM Panggung Inspirasi adalah Ari Novialdi. Memiliki
visi “terciptanya
masyarakat yang gemar membaca dan belajar,
membentuk karakter sejak dini, masyarakat memiliki kemampuan
keterampilan, berkesenian agar masyarakat berpengetahuan cerdas dan berbudaya,
berdaya saing tinggi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.”. dan memiliki misi
1.
Menyadarkan
masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar seumur hidup sebagai wahana
mencerdaskan kehidupan bangsa;
2.
Menyelenggarakan
gerakan pemasyarakatan minat baca secara terus menerus di seluruh lapisan
masyarakat;
3.
Menyelenggarakan
pelatihan keterampilan, serta;
4.
Menjalin
kerjasama dengan semua pihak
TBM
Panggung Inspirasi Memiliki tujuan, yaitu :
1. Membangkitkan
semangat dan kemauan masyarakat untuk belajar dan membaca serta menjadikan
membaca sebagai budaya di masyarakat.
2. Mengembangkan
dan meningkatkan peran Taman Bacaan Masyarakat dan seluruh unsur masyarakat
dalam pengembangan minat dan budaya
gemar membaca;
3. Memberikan Pelatihan dan Keterampilan sehingga
masyarakat dapat memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengetahuannya
4. Turut
mewujudkan pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya, manusia yang
berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai subyek pembangunan
nasional.
5. Menjadi
sebuah wadah aspirasi bagi masyarakat untuk memfasilitasi keluhan atau
ketidakpuasan dalam hal pelayanan pendidikan.
6. Mendukung
pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Tangerang serta menjalin forum
komunikasi serta silahturahmi masyarakat melalui kegiatan TBM Panggung
Inspirasi.
Kegiatan
yang dilakukan di TBM Panggung Inspirasi sebagian besar dilaksanakan di hari minggu.
Kegiatannya yaitu
1. Deklarasi
TBM Panggung Inspirasi
2. Peminjaman
buku gratis
3. Bimbingan
Belajar
4. Keaksaraan
Dasar
5. Mendongeng
6. Berkreasi
dengan sub tema tertentu serta melaksanakan kegiatan pada peringatan hari hari
tertentu.
7. Latihan
kosidahan.
8. Mengadakan
pelatihan membuat kreasi dari kain flannel, kain perca, dll.
9. Senam
10. Gelar
buku
11. Perlombaan
dihari besar, seperti di hari ibu
Mitra
yang sudah bergabung dengan TBM Panggung Inspirasi adalah
1. Para
relawan
2. 1001
buku
3. Forum
TBM Kabupaten tangerang
4. Motor
literasi (Moli)
5. Komunitas
Pemuda Peduli (PADI)
A.
Media
pembelajaran di TBM
Media yang digunakan oleh
TBM Panggung Inspirasi
Media pembelajaransecara umum adalah
alat bantuproses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan
pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini
cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang
dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Ada beberapa jenis media
pembelajaran, diantaranya :
Media Visual : grafik, diagram,
chart, bagan, poster, kartun, komikMedia Audial : radio, tape recorder,
laboratorium bahasa, dan sejenisnyaProjected still media : slide;
over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnyaProjected motion
media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Media pembelajaran yang digunakan di
TBM ini bermacam-macam mulai dari laptop, puzzle, sound system, buku, dan
kertas origami, papan mading, papan tulis, kertas hvs kosong maupun yang sudah
berisi materi pembelajaran. Media pembelajaran yang diguanakan berubah2 sesuai
dengan tema pembelajaran masing-masing setiap pertemuan.
B.
Peran
media pembelajaran
1. Laptop
Laptop
ini digunakan untuk menampilkan gambar dan video untuk menunjang pembelajaran
yang berlangsung. Contoh tema pembelajaran tentang profesi yang ada di
indonesia, para tutor menggunakan laptop untuk menjelaskan dan memberi gambaran
tentang profesi di indonesia tersebut dengan mengarahkan laptop ke arah peserta
belajar.
2. Sound
sistem
Sound
sistem digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dengan metode menari dan
menyanyi. Juga membantu tutor untuk menjelaskan materi pembelajaan yang
disampaikan.
3. puzzle,
Puzzle
digunakan sebagai media hiburan jika anak-anak sudah mulai jenuh saat proses
pembelajaran
4. Kertas
origami
Kertas
digunakan untuk membuat kreasi dan kerajinan tangan dengan berbagai macam
bentuk dan tulisan. Contoh pada tema
cita-citaku peserta belajar menuliskan cita-citanya di origami kemudian
ditempel di papan mading
5. Kertas
Hvs
Berisi
materi pembelajaran dan catatan lagu-lagu yang diberikan oleh tutor.
6. Buku
Buku
ini disediakan untuk anak-anak membaca dan dibacakan dongeng oleh tutor setiap
pembelajaran berlangsung untuk menghibur anak-anak
7. Papan
mading
Papan
mading digunakan untuk mempublikasikan hasil karya dan kreasi anak-anak baik
tulisan maupun kerajinan tangan anak-anak.
C.
Efektivitas
penggunaan media pembelajaran
Penggunaaan
media pembelajaran di TBM Panggung inspirasi dapat dikatakan efektif. Mengingat
tujuan dari TBM itu sendiri adalah membangun karakter anak-anak dan mengajak
anak-anak untuk gemar membaca melalui media pembelajaran ang digunakan di TBM
tersebut.
Anak-anak yang kurang memiliki minat
utuk membaca menjadi rajin dan gemar untuk membaca buku. Anak-anak juga
diajarkan disiplin melalui lagu yang diajarkan oleh tutor sehingga sedikit demi
sedikit anak-anak mulai meberapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari,
contohnya dalam disiplin untuk mengantri.
Gambar
BAB
III
PENUTUP
Saran untuk TBM Panggung Inspirasi
Taman Baca Masyarakat
Panggung Inspirasi sebenarnya telah menjadi solusi terbaik untuk mengarahkan
kegiatan masyarakat khususnya anak-anak ke dalam kegiatan yang lebih
bermanfaat, antusiasme dari masyarakat sekitarpun tinggi namun dalam perjalanan
perintisan Taman baca masyarakat yang awalnya memiliki kurang lebih 30 lebih
anak yang secara rutin mengikutsertakan dirinya dalam kegiatan-kegiatan yang
ada pada TBM tersebut semakin hari semakin berkurang karena seleksi alam,
narasumber sendiri menyadari bahwa hal yang demikian itu juga disebabkan oleh
kurangnya inovasi dan adanya kejenuhan yang dirasakan warga belajar. Kekurangan
inovasi lahir dari keterbatasan yang dimiliki para relawan yang juga memiliki
kesibukan diluar daripada mengurus TBM. Maka penyusun menyarankan adanya
referensi dari TBM TBM yang secara usia sudah lebih dulu hadir di dunia
literasi untuk dijadikan rekomendasi pada proses pembelajaran di TBM Panggung
Inspirasi. Selain itu, TBM Panggung Inspirasi juga bisa membuka perekrutan
untuk relawan yang memiliki kemampuan di bidang lain untuk memperkaya
pembelajaran dan meminimalisir kejenuhan yang sewaktu-waktu bisa dirasakan oleh
warga belajar.
Selain kurangnya inovasi
terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh relawan di TBM Panggung inspirasi,
kurangnya dana untuk pengembangan TBM tersebut juga menjadi hambatan tersendiri
untuk TBM Panggung Inspirasi. Banyaknya faktor yang membuat TBM Panggung
Inspirasi ini tidak mendapatkan dana tetap dari pemerintah. Salah satunya
adalah pihak pendiri yang belum siap untuk mewakafkan tempat tersebut untuk
benar-benar di kelola oleh pemerintah. Ini menjadi kendala yang cukup besar
bagi sebuah TBM dalam perkembangannya, namun narasumber sendiri bersama para
relawan dan juga beberapa mitra nya bisa mengatasi kekurangan dana yang di
alaminya. Untuk mengatasi beberapa kekurangan dana yang sempat di alami oleh
TBM Panggung Inspirasi, narasumber bekerjasama dengan MOLI, 1001 buku, Forum
TBM Kabtang, dan Komunitas Pemuda Peduli (PADI). Cara ini cukup ampuh dalam
mengatasi kekurangan dana sekaligus menambah relasi bagi forum TBM Panggung
Inspirasi Tersebut.
Terkait dalam penggunaan media pembelajaran di TBM
panggung Inspirasi Penyusun menyarankan untuk lebih terarahkan lagi dalam
penggunaan media pembelajaran agar disaat pembelajaran dapat terlaksana dengan
kondusif. Dengan adanya media pembelajaran yang terpenuhi pada TBM Panggung
Inspirasi akan mampu juga membuat
anak-anak nya dapat lebih tertarik mengikuti pembelajaran di TBM
Panggung Inspirasi. Di TBM Panggung
Inspirasi dalam penggunaan media pembelajaran masih sangat kurang sekali dan
sangat terbatas. Banyak sekali media pembelajaran yang belum terlengkapi dan
terpenuhi. Seperti dalam penggunaan media dalam pembelajaran laptop dan sound
sudah tersedia tetapi untuk proyektor belum tersedia.
DAFTAR PUSTAKA
Putri, Gustia Windy.
2013. Rancangan Pembuatan Sarana Promosi di Taman Bacaan Masyarakat Suka Maju
Sejahtera Padang. Padang: UNP (Universitas Negeri Padang)
Lampiran
Tidak ada komentar: